Perusahaan yang bagus adalah perusahaan yang memiliki SDM yang Unggul dalam perusahaan nya. Pada perayaan 74 tahun Indonesia Merdeka, pemerintahan Indonesia memilih Motto “SDM Unggul Indonesia Maju“, agar Indoneisa bisa jadi lebih maju di tahun 2045.

Taukah kamu untuk membangun SDM yang unggul membutuhkan proses yang cukup panjang dan rumit, namun semua bisa dilakukan dengan baik. Perlu juga kita ketahui bahwa hingga hari ini, masih banyak yang mengartikan ‘menyiapkan SDM unggul’ berarti menyiapkan pekerja yang terampil di masa depan. Menurut penulis, penafsiran tersebut kurang tepat, karena SDM tidak hanya meliputi keterampilan bekerja, namun lebih dari itu.

Apa itu SDM Unggul ?

Pada hakekatnya, SDM (sumber daya manusia) adalah individu produktif yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik itu di dalam institusi maupun perusahaan yang memiliki fungsi sebagai aset sehingga harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya.

Menilik pengertian SDM tersebut, seseorang untuk menjadi ’penggerak’ manusia lain, maka harus memiliki kecerdasan dan karakter yang melebihi dari yang akan digerakkan. Maka seseorang itu harus cerdas dan terampil lebih dahulu.

SDM unggul setidak nya memiliki 4 Kompetensi kusus dan yang perlu di perhatikan. Hal ini juga diperlukan agar anda bisa bersaing dunia kerja yang semakin maju. Di mulai dari 3 kompetensi kusus yang dimaksud tersebut adalah :

1. KNOWLEDGE ( ILMU )

Untuk menjadi SDM Unggul yang di harapkan, kita perlu memiliki ilmu dan wawasan yang luas, inilah gunanya kita sekolah hingga ke jenjang perkuliahan, agar kita mampu bersaing dalam segi keilmuan. Dalam kategori ini ilmu yang dimiliki bermacam-macam sesuai dengan bidang pekerjaan atau bidang kantor masing masing. Jadi Memiliki Pengetahuan yang Luas adalah salah satu Syarat untuk menjadi SDM yang Unggul.

2. SKILLS ( KEMAMPUAN / KETERAMPILAN KHUSUS )

Dalam perusahaan yang mengususng SDM unggul, memerlukan tenaga kerja yang terampil dan kreatif, hal ini di tandakan dengan skill kusus yang di miliki setiap orang. Karena Skill tersebutlah yang membuat anda bisa berkembang di dalam perusahaan. Bahkan ada kasus di mana seseorang di terima bekerja hanya karena skill nya

yang sangat mumpuni. Ada banya perusahaan seperti Google dan lainnya lebih mengemukakan skill dari pada riwayat pendidikan. Jadi Begitulah pentingnya Skill. Jika anda belum memiliki Skill khusus maka belum terlambat untuk mempelajari skill yang dibutuhkan kedepanya.

3. ATTITUDE ( ETIKA )

Banyak Orang yang melewatkan hal ini. Meskipun anda memiliki pengetahuan yang tinggi dan skill yang bagus, namun jika attitude anda buruk, maka anda bukanlah salah satu bagian dari SDM unggul, karena SDM Unggul itu memiliki attitude yang bagus. Jadi sangat penting kita memperhatikan tentang Attitude. Karena ada pepatah inggris mengatakan :

“A bad attitude is like a flat tyre. If you don’t change it, you’ll never go anywhere.” ( Sikap buruk itu seperti ban kempes. Jika kamu tidak mengubahnya, kamu tidak akan pernah kemana-mana ). Kalimat ini memiliki makna yang dalam tentang Attitude, yaitu Seperti Ban Kempes di sini di makusdkan ada yang bocor dalam sikap anda sehingga orang lain tidak akan nyaman jika menggunakan nya sehingga akan menghambat proses perkembangan diri anda maupun orang lain dalam ruang lingkup kerja.

4. EXPERIENCE ( PENGALAMAN )

Pengalaman merupakan salah satu bagian paling penting yang akan dilihat oleh rekruter atau perusahaan. Selain menunjukkan berapa banyak perusahaan yang pernah mempekerjakan kamu, bagian pengalaman kerja di CV juga menjelaskan pencapaian dan projek yang kamu lakukan di pekerjaan sebelumnya.

untuk memenuhi SDM yang Unggul perusahaan tentu menginginkan tenaga kerja yang sudah berpengalaman, Ada beberapa alasan kenapa pengalaman kerja menjadi hal yang sangat penting untuk kemajuan seseorang :

  1. Lebih paham segala hal tentang bidang yang di tekuni
  2. Lebih ahli dalam beberapa skill
  3. Soft skill semakin terlatih
  4. Semakin memperluas jaringan
  5. Menunjukkan komitment dan kompetensi dalam suatu bidang

Walaupun begitu, terkadang ada juga perusahaan yang menginginkan Fresh Graduate, tujuan nya agar bisa di bina dan di didik dari awal, karena biasanya karyawan ini akan bekerja dalam jangka waktu yang panjang.

BAGAIMANA MENCIPTAKAN SDM UNGGUL

Jika kita bertanya bagaimana mendapatkan SDM Unggul, kalimat tersebut sebenarnya kurang tepat. karena lebih tepatnya SDM Unggul itu di ciptakan bukan di dapatkan. Membangun kerjasama yang baik dalam sebuah perusahaan, menciptakan suasana kantor yang harmonis serta membangun komunikasi yang bagus adalah salah satu cara membentuk SDM unggul dalam sebuah perusahaan.

Salah satu cara terbaik untuk membangun SDM Unggul adalah mengadakan pelatihan khusus yang di ikuti oleh semua karyawan. Kegiatan ini biasa di sebut Capacity Building, dan Management Training.
Ketahui Program Capacity Building dan Management Training di sini ( Klik disini ).

Demikian Penjelasan tentang SDM Unggul, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, Best Regard by : Mitra HRD Company

Untuk info lebih lanjut silahkan klik disini atau bisa Hubungi lewat platform dibawah sini :

Leave a Reply

Your email address will not be published.